Tugas
Individu
STRATEGI PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA

DI
SUSUN OLEH
NURHIKMAH
1247141039
C.71
UPP
PGSD PARE-PARE
FAKULTAS
ILMU PENGETAHUAN
UNIVERSITAS
NEGERI MAKASSAR
2013
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Hari/Tanggal : 12 Juni 2013
Mata Pelajaran : IPA
IV
Waktu : 2 X 35
Menit
A.
Standar Kompotensi
Memahami
beragam sifat dan wujud benda serta berbagai car penggunaan benda berdasarkan
sifatnya
B.
Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi
wujud benda padat, cair, dan gas
C.
Indikator
a. Kognitif
1. Produk
Menyebutkan macam-macam benda padat, gas
dan cair
2. Proses
Membandingkan benda padat, gas dan cair
b. Psikomotorik
Mempresentasikan perubahan wujud benda
c. Afektif
1. Karakter
Teliti dalam mempresentasikan perubahan
wujud benda
2. Keterampilan
Sosial
Bertanya ketika mendapat kesulitan
tentang perubahan wujud benda
D.
Tujuan Pembelajaran
a. Kognitif
1. Produk
Siswa mampu menyebutkan macam-macam
benda padat, gas dan cair
2. Proses
Siswa dapat membandandingkan benda
padat, gas dan cair
b. Psikomotorik
Siswa mampu memprensentasikan perubahan
wujud benda
c. Afektif
1. Karakter
Siswa teliti dalam mempresentasikan
perubahan wujud benda
2. Keterampilan
social
Siswa bertanya ketika mendapat kesulitan
tentang perubahan wujud benda
E.
Materi Pembelajaran
Perubahan
wujud benda
F.
Model dan Metode Pembelajaran
1. Model
pembelajaran : Tipe JIGSAW
2. Metode
pembelajaran : ceramah, Tanya jawab, kerja kelompok, dan penugasan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan
awal (10 menit)
a. Mempersiapkan
siswa untuk belajar
b. Berdoa
dan mengisi daftar hadir
c. Mengingatkan
materi yang telah di pelajari kemarin
d. Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin di capai
2. Kegiatan
inti (55 menit)
a. Membagi
siswa ke dalam beberapa kelompok yang terdiri 5-6 orang siswa tiap kelompok
b. Menjelaskan
materi pembelajaran tentang perubahan wujug benda
c. Menampilkan
media pembelajaran yang telah disiapkan
d. Siswa
bertanya jawab tentang media pembelajaran
e. Guru
membagikan tugas kepada setiap kelompok untuk
f. Tiap
kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya
g. Kelompok
lain memberi tanggapan terhadap hasil kerja temannya
h. Memberikan
tes tertulis kepada semua siswa
3. Kegiatan
penutup (5 menit)
a. Menyimpulkan
materi pembelajaran
b. Menutup
proses pembelajaran dengan doa
H.
Sumber dan Media
Buku
sains IPA SD kelas IV
Air
Benda
padat
parfum
I.
Penilaian
Tertulis
dan lisan
Mengetahui,
Guru
kelas, Kepala
Sekolah,
NURHIKMAH ……..…………….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar